Kamis, 20 Februari 2014

Edmodo.com Sosmed Khusus Pendidikan

Di era modern seperti sekarang ini, proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dengan berbagai media yang ditawarkan. Mulai dari media konvensional melalui pembelajaran di dalam kelas hingga pembelajaran berbasis internet atau belajar secara online.

Untuk melaksanakan pembelajaran secara online, dapat menggunakan media berupa diskusi online, dan yang cukup sering digunakan adalah melalui yahoo messenger. Namun terdapat berbagai alternatif lain, salah satunya adalah dengan menggunakan jasa situs bernama edmodo.com.



Situs ini memiliki sistem layaknya sebuah jejaring sosial. Penggunaannya pun cukup mudah, dimana guru hanya perlu melakukan registrasi ke alamat www.edmodo,com lalu setelah memiliki akun guru/dosen harus membuat grup atau kelas. Setiap kelas akan memiliki suatu kode. Kode inilah yang digunakan oleh murid untuk membuat akun sebagai siswa.

Dalam situs ini, guru/dosen dapat memberikan Note (Catatan), Alert (Pemberitahuan), Assignment (Penugasan), Quiz (Kuis), dan Poll (Poling). Dengan menggunakan situs ini guru/dosen dapat memantau perkembangan peserta didiknya dengan sangat mudah.


Keunggulan lain dari situs ini adalah selain bisa diakses melalui komputer atau laptop, edmodo.com juga dapat diakses melalui perangkat smartphone. Kita hanya tinggal mendownload aplikasi edmodo mobile di App Store atau Google Play.

Berikut ini adalah tutorial edmodo untuk teacher dan student

Tidak ada komentar:

Posting Komentar